Hari Pertama Anda di Kantor? Ini 6 Hal yang Perlu Dilakukan
Hari pertama dalam bekerja memang pengalaman yang menegangkan. Biasanya
Anda akan bingung bersikap menghadapi orang-orang dan lingkungan baru.
Namun, bila Anda tahu triknya, hari pertama dapat menjadi hal yang
berkesan. Penasaran ? simak tips dari Mag for Women berikut.
1. Busana
Tidak harus baru dan mahal, Anda dapat mengenakan baju yang ada di lemari. Dengan memilih baju yang rapi, bersih dan sesuai dengan pakaian yang biasa dikenakan di kantor baru Anda, kepercayaan diri akan didapat karena penampilan adalah hal yang dinilai pertama kali.
2. Aturan
Baca dan pahami aturan dasar yang diberikan perusahaan Anda. Jangan sampai Anda datang ke kantor dan salah mengambil langkah. Mengikuti peraturan dengan baik membuat Anda dihargai sebagai pegawai baru.
3. Bertanya
Sebagai orang baru, tentulah Anda membutuhkan bimbingan dari para senior. Hindari bersikap terlalu berinisiatif dan bertanyalah jika Anda tidak mengetahui sesuatu.
4. Berpihak
Berinteraksi dengan banyak orang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan berbagai kepribadian. Bersiaplah bila Anda mendengar gosip atau rumor di antara rekan kerja Anda. Usahakan untuk tidak memberikan komentar dan berpihak sehingga meminimalisir kesalahpahaman.
5. Bergabung
Jadilah pribadi yang menyenangkan dengan bergabung bersama rekan kerja. Mulai dengan percakapan-percakapan ringan dan perlihatkan kepribadian Anda yang ramah.
6. Bersikap Proaktif
Meskipun pada hari pertama bekerja Anda belum dapat mengenal lingkungan dengan baik, bersikap proaktif dengan menanyakan hal yang perlu Anda ketahui dapat membantu. Jangan terlihat bingung, sebaliknya tunjukkan sikap profesional yang membuat atasan percaya Anda dapat melakukan tugas dengan baik.
1. Busana
Tidak harus baru dan mahal, Anda dapat mengenakan baju yang ada di lemari. Dengan memilih baju yang rapi, bersih dan sesuai dengan pakaian yang biasa dikenakan di kantor baru Anda, kepercayaan diri akan didapat karena penampilan adalah hal yang dinilai pertama kali.
2. Aturan
Baca dan pahami aturan dasar yang diberikan perusahaan Anda. Jangan sampai Anda datang ke kantor dan salah mengambil langkah. Mengikuti peraturan dengan baik membuat Anda dihargai sebagai pegawai baru.
3. Bertanya
Sebagai orang baru, tentulah Anda membutuhkan bimbingan dari para senior. Hindari bersikap terlalu berinisiatif dan bertanyalah jika Anda tidak mengetahui sesuatu.
4. Berpihak
Berinteraksi dengan banyak orang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan berbagai kepribadian. Bersiaplah bila Anda mendengar gosip atau rumor di antara rekan kerja Anda. Usahakan untuk tidak memberikan komentar dan berpihak sehingga meminimalisir kesalahpahaman.
5. Bergabung
Jadilah pribadi yang menyenangkan dengan bergabung bersama rekan kerja. Mulai dengan percakapan-percakapan ringan dan perlihatkan kepribadian Anda yang ramah.
6. Bersikap Proaktif
Meskipun pada hari pertama bekerja Anda belum dapat mengenal lingkungan dengan baik, bersikap proaktif dengan menanyakan hal yang perlu Anda ketahui dapat membantu. Jangan terlihat bingung, sebaliknya tunjukkan sikap profesional yang membuat atasan percaya Anda dapat melakukan tugas dengan baik.
0 comments:
Post a Comment